Welcome to my blog ;)

Menganalisi sebuah website / Situs berdasarkan 5 attribut

Mungkin pada zaman sekarang kata web itu sudah menjadi bahan pembicaraan yang tak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. Web yang merupakan sekumpulan halaman-halaman situs yang menampilkan berbagai informasi yang dapat diakses melalui jaringan internet. Pada kesempatan kali ini saya akan menganalisis sebuah website Cyber4rt  berdasarkan 5 atribut sebagai berikut yaitu :




  • Textual Content (Isi Tekstual)

    Isi dari web Cyber4rt tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan user. Penyajian informasi sudah jelas dan lengkap dengan berita yang terupdate dari berita nasional hingga internasional dalam berbagi bidang politik, olahraga, bisnis dan keuangan, pengetahuan, dll. Memudahkan user dalam memperoleh informasi yang akurat sesuai dengan keinginan user. Berita-berita yang disajikan oleh web Cyber4rt selalu ter-up-date. Hal ini juga dapat dilihat dari terteranya hari, tanggal, bulan, tahun, dan jam pada masing-masing berita yang disajikan.

  • Graphic Design (Desain Grafis)

    Tampilan web tersebut sudah cukup menarik sehingga dapat menimbulkan minat para pembaca untuk membuka web tersebut. Perancang web ini sudah memberikan konsep yang baik. Sesuai dengan tujuannya yakni untuk memberikan informasi dan berita yang nyata, akurat dan up to date. Semua komponen yang terdapat di dalam web ini sudah cukup jelas bagi user karena menu yang disajikan sudah membuat para pembaca web ini dapat mengerti isi dari berita yang di sampaikan. Dengan tampilan halaman web tersebut, setiap user dapat mengakses menu apapun dengan ukuran dan menu yang tidak berubah / konsisten. Setiap warna dari background selalu sama. Sehingga membuat user tidak bingung mencari menu pada setiap halaman yang berbeda. pada web Cyber4rt, jenis huruf, ukuran dan warnanya standar. Tetapi pembaca atau user dapat membaca dengan jelas isi dari berita tersebut.

  • Navigation (Navigasi – Alur Menu)

    Navigasi pada web ini dibuat selengkap mungkin guna memudahkan user dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Pada web ini navigasinya juga konsisten untuk setiap halaman web. Pada halaman utama, kita sebut index memuat menu-menu pokok yang bersifat umum sehingga pengunjung bisa langsung masuk ke halaman yang dimaksud.

  • Structure (Struktur Web)


    Header atau bagian atas berisi logo web tersebut dan navigasi utama tersebut. Footer atau bagian bawah berisi copyright dan informasi level dua yang tidak terlalu penting namun perlu. Content atau isi website ini kadangkala juga berisi navigasi level dua. Isi conten web Cyber4rt ada kurang lebih  20 macam, sudah dipastikan membutuhkan navigasi di dalam content ini, tempatnya boleh di sisi kiri atau sisi kanan. Tetapi saya pribadi lebih suka sisi kiri karena masalah kebiasaan di Indonesia, membaca dari kiri ke kanan.

  • Links (Penghubung ke halaman lain)
    Link Aktif

    Link Hover


    Cyber4rt memiliki link-link yang merujuk ke halaman web lain berkenaan dengan topik yang sama dengan yang disajikan. Hal ini menyebabkan pembaca merasa senang karena dapat memilih web yang memiliki topik yang diinginkan.

Description
: Menganalisi sebuah website / Situs berdasarkan 5 attribut
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Menganalisi sebuah website / Situs berdasarkan 5 attribut

No comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger.