Soal !
- Sebutkan keuntungan / kelebihan Sistem Pakar ?
- Buatlah gambar diagram Blok Expert System ?
- Apa tugas dari Knowledge Engineer ?
- Sebutkan minimal 2 Sistem Pakar yang terkenal ?
- Apa yang dimaksud dengan Artificial Intelligence ?
- Sebutkan pengertian dari sistem pakar ?
- Jelaskan dan berikan contoh dari Forward dan Backward Chaining ?
- Algoritma apa yang di kembangkan oleh Charles L.F ?
- Jelaskan apa yang di maksud dengan ANS (Artificial Neural System) ?
- Apa yang di maksud dengan Cognitive Science dan Cognitive Processor ?
Jawab !
1. keuntungan / kelebihan Sistem Pakar :
- Menjadikan pengetahuan dan nasihat lebih mudah didapat.
- Meningkatkan output dan produktivitas.
- Menyimpan kemampuan dan keahlian seorang pakar.
- Meningkatkan penyelesaian masalah yang khusus.
- Meningkatkan reliabilitas.
- Memberikan respons (jawaban) yang cepat.
- Merupakan panduan yang cerdas.
- Dapat bekerja dengan informasi yang kurang lengkap dan mengandung ketidakpastian.
- Sebagai basis data cerdas, bahwa system pakar dapat digunakan untuk mengakses basis data dengan cara cerdas.
2. Gambar diagram Blok Expert System
3. T ugas dari Knowledge Engineer
Tugas knowledge engineer adalah memilih S/W & H/W u/ pembuatan SP, membantu mengambil pengetahuan yg dibutuhkan dari pakar domain, serta implementasi pengetahuan pada basis pengetahuan yg benar & efisien
4. Sistem Pakar yang terkenal
1. MYCIN
- Dirancang oleh Edward Feigenbaum (Universitas Stanford) th ’70 an
- SP medical yg dpt mendiagnosa infeksi bakteri & rekomendasi pengobatan antibiotik
2. DENDRAL
- SP struktur molekular & kimia
3. PROSPECTOR
- Membantu ahli geologi yg mencari & menemukan biji deposit (mineral& batu-batuan)
- Didesign oleh Sheffield Research Institute, akhir ‘70an
4. XCON (R1)
- SP konfigurasi sistem komputer dasar
- Dikembangkan oleh Digital Equipment Corporation (DEC) dan Carnegie Mellon Universitas (CMU), akhir ’70 an
- Untuk sistem komputer DEC VAC 11 1780
5. DELTA
- Didesign & dikembangkan oleh General Electric Company
- SP personal maintenance dg mesin lokomotif listrik diesel.
6. YESMVS
- Didesign oleh IBM awal th ‘80an
- Membantu operator komputer & mengontrol sistem operasi MVS (multiple virtual storage)
7. ACE
- Didesign & dikembangkan oleh AT&T Bell Lab awal th ‘80an
- SP troubleshooting pd sistem kabel telpon
5. Yang di maksud dengan Artificial Intelligence
Kecerdasan buatan atau artificial intelligence merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (computer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. Pada awal diciptakannya, komputer hanya difungsikan alat hitung saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, maka peran computer semakin mendominasi kehidupan manusia.
6. Pengertian dari sistem pakar
Sistem pakar adalah suatu sistem komputer yang menyamai kemampuan pengambilan keputusan dari sorang pakar. Kata menyamai memiliki pengertian bahwa system pakar diharapkan dapat bekerja dalam semua hal seperti halnya seorang pakar
7. Penjelasan dan contoh Forward dan Backward Chaining
- Forward chaining adalah metode inferensia yang merupakan lawan dari backward chaining. Forward chaining dimulai dengan data atau data driven. Artinya pada forward chaining semua data dan aturan akan ditelusuri untuk mencapai tujuan / goal yang diinginkan.
- Backward chaining atau Backward Reasoning merupakan salah satu dari metode inferensia yang dilakukan untuk di bidang kecerdasan buatan. Backward chaining dimulai dangan pendekatan tujuan atau goal oriented atau hipotesa.
8. Algoritma yang di kembangkan oleh Charles L.F
ALGORITMA RETE
9. Penjelasan ANS (Artificial Neural System)
ANS (Artificial Neural System)adalah sebuah model matematika di ilhami oleh jaringan saraf biologis. Sebuah jaringan saraf terdiri dari kelompokyang saling berhubungan neuron buatan, dan memproses informasi dengan menggunakan pendekatankoneksionis untuk perhitungan.
10. Yang di maksud dengan Cognitive Science dan Cognitive Processor
- Cognitive Science yaitu study bagaimana orang memikirkan dalam pemecahan masalah.
- Cognitive Processor yaitu menemukan aturan yang akan diaktifkan.
Description
: Tugas Sistem Basis Pengetahuan Part 1
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Tugas Sistem Basis Pengetahuan Part 1
No comments:
Post a Comment